76cellular: Belajar tentang wordpress
counter76cellular jl.veteran no.76 lamongan jawatimur, GOD Bless You!

Kamis, 10 Maret 2011

Belajar tentang wordpress

Mengenal antomi wordpress bukanlah hal yang sangat sukar, tapi sebelum kita mencoba membuat blog dengan nama domain kita sendiri ada baiknya kita mencoba membuat sebuah blog pada Wordpress.com.Hal ini akan membantu kita dalam hal mengenal anatomi dari Wordpress itu sendiri. Control Panel wordpress pada prinsipnya sama, terlepas anda menggunakan Wordpress.com maupun Wordpress.Org.

Jika sudah berhasil dalam proses instalasi wordpress, tentu saja wordpress kita udah dapat digunakan buat nge-blog. ada baiknya bagi anda seorang pemula dan awam dengan nge blog, mengetahui terlebih dahulu anatomi wordpress blog anda. berikut saya jelaskan anatomi tampilan standar blog wordpress :

Tampilan Blog

1. Header Blog. pada header terdapat Judul(1A) dan Deskripsi singkat blog kita(1B) atau dalam bahasa gaulnya Tagline Blog
2. Main Column, di dalamanya terdapat tulisan artikel blog kita. tiap postinggan kita pada main column akan terdiri dari judul postinggan, tanggal, Isi postinggan, Kategori, serta Comment ( komentar )
3. Kolom samping ( dalam bahasa gaulnya Sidebar) terdapat Link,kategori,arsip,dan sebagainya
4. Footer. ini biasanya berisikan keteranggan seperti copyright,software yang digunakan, hingga yang design templatenya.

Navigasi Di Dashboard

Sebelum kita mengenal tentang ini, pastikan kita sudah login ke control adminsitrasi wordpress kita. caranya ketik http://www.namadomain.co/wp-login.php(bagi pengguna Wordpress.org), seperti biasa masukan usename dan pass anda. setelah anda berhasil maka anda akan bertamu langsung dengan dashboard, dari sinilah kita mulai mengelola wordpress blog kita. sekarang kita kenalan dengan fungsi mereka satu per satu,

DASHBOARD
Ini adalah menu awal yang selalu kita jumpai pada saat kita login ke WP kita, di dalamnya terdapat berita-berita terbaru seputar wordpress (lihat pada bagian bawah dashboard anda ), dan di sebelah kanannya terdapat ‘ latest Activity’ yang fungsinya memberikan berita ter-update seputar aktivitas anda terakhir,comment terbaru dari pengunjung blog anda serta statistik blog anda.

WRITE
Adanya tepat disebelah tulisan Dashboard gunanya untuk membuat postingan baru serta halaman baru pada blog kita. kita juga dapat langsung mensetting tulisan kita sesuai keinginan kita. saya ambil contoh, pada menu sebelah kanannya kita bisa memilih kategori buat tulisan kita,atau membuat tulisan kita menjadi private.

MANAGE
Ini berfungsi untuk mengelola hal-hal yang berhubunggan dengan publikasi tulisan kita di blog. intinya jika ingin menghapus ataupun mengedit tulisan kita yang telah kita publish di sinilah tempatnya.

COMMENTS
Fungsinnya jika kita ingin melihat Komentar-komentar dari pengunjung blog kita. dan kita bisa mengelola komentar tersebut, misalnya mau menghapus komentar yang menurut kita gak enak atau gak pantas. (di sini juga kita bisa melihat alamat email si pemberi komentar)

BLOGROOL
Ini sebenarnya adalah link. di menu ini kita bisa menambah link web atau blog teman kita atau website favorite kita.

PRESENTATION
Pada menu ini kita bisa memilih template yang tersedia ataupun yang sudah kita upload. untuk menu Theme Editor kita tidak bisa mengeditnya pada control panel wordpress kita, untuk menambahkan dan menggurangi Kode HTML kita haruslah menggunakan control panel web hosting kita ( saya akan jelaskan pada tulisan saya selanjutnya )

PLUGINS
Sebelum kita tau fungsi dari menu ini, ada baiknya kita tau definisinya. Plugins adalah program tambahan yang dapat di integrasikan dengan sebuah aplikasi (seperti wordpress) gunanya untuk melengkapi fungsi tertentu yang belum tersedia pada blog kita. anda sangat disarankan untuk menambah berbagai macam plugin sesuai kebutuhan anda, hal ini untuk menambah performa blog anda. ( baca tulisan saya tentang plugin ya- liat aja di kategori : wordpress)

USER
Pada menu ini anda bisa menambahkan user baru, mengedit keanggotaan dan juga menghapus. pointnya jika anda ingin membuat blog komunitas yang artikelnya bisa di posting rame-rame maka menu ini berguna buat anda ! kalo anda merasa cukup anda sendiri yang mengelola blog anda, ya lupakan saja menu ini. ( mengenai masalah ini saya akan tulis pada postinggan berbeda )

OPTIONS
Menu ini untuk pengaturan umum Wordpress kita. di dalamnya terdapat banyak sub menu. biasanya jika anda meng upload sebuah Plugin baru, maka untuk mengaturnya anda bisa lihat pada menu ini. ( saya akan jelaskan pada postinggan berbeda, cari aja di category : Wordpress )

Saya rasa tour kita mengenai anatomi wordpress sampai disini dulu jika ada yang belum anda mengerti saya sarankan anda untuk mengisikan Comment dan saya akan segera mencoba membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan anda meninggalkan komentar dengan menjunjung tinggi nilai etika dan kesopanan.... terimakasih atas partisipasi dan kunjungan anda....
salam korsa,