76cellular: Mau kuras minyak rem????? ada trik nya di sini
counter76cellular jl.veteran no.76 lamongan jawatimur, GOD Bless You!

Rabu, 09 Maret 2011

Mau kuras minyak rem????? ada trik nya di sini

Yang suka motor-motoran pasti sudah tahu dong cara kerja peranti pengereman model cakram. Yups, bener buanget. Alat ini berkerja dengan sistem hidrolis yang memanfaatkan minyak rem untuk menggerakkan piston guna menekan kampas sehingga cakram terjepit, ciiit. Fungsi rem sangat penting dan harus selalu dirawat agar tetap berfungsi normal. Kalau hanya menambahkan oli sih masih oke. Tapi kalau sudah harus nguras minyak rem, mending bawa ke bengkel deh. Wah payah nih, tapi kenapa males ya? Wajar, karena kegiatan menguras dan mengisi minyak rem dianggap membutuhkan waktu lama serta membosankan. Padahal bisa dibuat lebih gampang lo. Penasaran? Simak trik saya buat urusan kuras dan isi ulang minyak rem, tapi sebelumnya pastikan minyak rem baru sudah tersedia untuk menggantikan minyak yang lama.

Oke brow, langsung aja setelah seluruh minyak rem pada master dan kaliper rem habis dibuang, lalu masukan minyak yang baru melalui kotak penampung minyak dan biarkan baut pembuangan di kaliper tetap terbuka . Sampai sini, mainkan tuas rem berkali-kali dengan pola tekan dan lepas. Proses itu dilakukan sembari buka-tutup lubang pembuangan dengan jari. Kalau ngerjain sendiri, berarti tangan kiri memainkan tuas rem dan tangan kanan membuka tutup lubang pembuangan.Lakukan langkah ini sampai minyak tersembur keluar dari lubang dan tekan tuas rem serta tahan sembari menutup lubang pembuangan dengan baut penutupnya. Lanjutkan pola tekan dan lepas tuas rem selama 30 detik. Pada hitungan detik yang sama, tahan tuas rem sembari membuka baut pembuangan. Jika minyak tersembur keluar, langsung tutup kembali.
Lakukan hal itu sampai tuas rem terasa mengeras. Tapi jangan lupa pantau kadar minyak di kotak penampungan. Pasalnya bila sampai kosong bisa masuk udara dan akibatnya rem jadi bagel alias enggak pakem. Nah kalau dirasa sudah oke, silakan pasang kembali tutup penampung minyak. Dan pastikan baut pembuangan pada kaliper terpasang dengan kuat.
 
Bisa di coba nih bro! he he he
 pasti siiiiiiip aja

Salam korsa poool,
76 Cell

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan anda meninggalkan komentar dengan menjunjung tinggi nilai etika dan kesopanan.... terimakasih atas partisipasi dan kunjungan anda....
salam korsa,