76cellular: Membuat file autorun presentasi pada CD
counter76cellular jl.veteran no.76 lamongan jawatimur, GOD Bless You!

Senin, 07 Maret 2011

Membuat file autorun presentasi pada CD

What You Need :
- Microsoft Windows XP or later
- Microsoft Office PowerPoint
- CD Burner software
Pernah melihat CD yang ketika dimasukkan ke tray CD-ROM akan langsung melakukan autorun yang secara otomatis dan akan menampilkan menu atau isi dokumen pada CD yang Anda masukkan tersebut di layar monitor? Anda bisa membuat autorun ini dengan cara yang sangat sederhana.
1. Siapkan dokumen presentasi yang akan Anda masukkan ke CD.
Jika Anda membuat di Ms.Powerpoint, simpanlah file dengan format *.pps atau ppsx jika Anda menggunakan Office 2007  (secara defauld powerpoint akan menyimpan file dengan ekstensi *.ppt) agar presentasi Anda tampil secara fullscreen/layar penuh. Disini saya menyiapkan filepresentasi dengan nama “mencoba_file_presentasi.pps”.

2. Dari menu Start klik run, saat jendela run terbuka, ketik notepad dan klik OK atau tekan saja tombol enter.
3. Ketikkan script berikut pada notepad.
@echo proses membaca CD presentasi...
@start mencoba_file_presentasi.pps
@cls
@exit
Simpan dengan nama file “autorun.bat” (tanpa tanda petik). Dari menu File -> Save (atau langsung tekan tombol CTRL + S di keyboard). Pada kotak isian “Save as type” pilihlah All Files, Pilih lokasi penyimpanan di folder yang akan dimasukkan ke dalam CD. Pada contoh ini folder penyimpanan sementara diberi nama “mencoba_autorun” yang tersimpan di My Documents.

Keterangan
@echo    : perintah ini dipergunakan untuk menampilkan tulisan ke layar monitor pada DOS.
@start     : perintah ini untuk mengeksekusi atau menjalankan file yang telah Anda buat di CD.
@cls    : clear screen, artinya menghapus layar di DOS.
@exit    : perintah untuk keluar dari DOS.
4. Kemudian buatlah file dengan format *.inf dengan menggunakan notepad dan diberi nama autorun.inf, Ketikkan di Notepad skrip berikut :
[autorun]
open=autorun.bat
Simpan file autorun.inf di folder yang sama beserta penyimpanan dua file di atas (mencoba_file_presentasi.pps dan autorun.bat) dengan nama “autorun.inf” (tanpa tanda petik). Cara kerjan file ini yaitu ketika CD dimasukkan, maka file autorun.inf inilah yang akan dipanggil/dijalankan terlebih dahulu. Pada kode di atas, ada perintah “open” yang memanggil file dengan nama autorun.bat yang telah Anda buat tadi pada point no.3

5. Sekarang Anda tinggal menyalin ketiga buah file tersebut ke dalam CD-RW. Setelah proses pengkopian ke CD selesai, Anda bisa menguji apakah autorun sudah berjalan dengan baik. Kalau memang belum bisa berjalan, kemungkinan setting dari autorun / autoplay CD di-disable oleh administrator. Anda bisa melakukan langkah-langkah pada tutorial sebelumnya.

1 komentar:

  1. sangat bermanfaat infonya.

    bagi yang ingin belajar komputer sesuai dengan alur belajar yang benar bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/belajar-komputer.html

    BalasHapus

silahkan anda meninggalkan komentar dengan menjunjung tinggi nilai etika dan kesopanan.... terimakasih atas partisipasi dan kunjungan anda....
salam korsa,